Datangkan Pengurus Masjid Jogokaryan, Bupati Riza: Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Masjid di Bangka Selatan

86Berita.Com//BANGKA SELATAN -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan terus berupaya meningkatkan kualitas pengelolaan masjid di wilayahnya. Salah satu langkah konkret yang dilakukan adalah dengan mendatangkan narasumber dari Masjid Jogokaryan Yogyakarta, masjid yang dikenal dengan manajemen pengelolaan yang unggul.

Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid, ST., menjelaskan bahwa upaya ini dilakukan untuk memperkuat aspek spiritual masyarakat sekaligus memaksimalkan peran masjid sebagai pusat pemberdayaan masyarakat.

“Untuk tujuan membangun masyarakat dari aspek spiritual, besok Kita akan mengadakan peningkatan kualitas pengelolaan masjid bagi sekitar 70-an dewan kemakmuran masjid (DKM)/pengurus yang berasal dari berbagai wilayah di Bangka Selatan. Pelatihan ini akan mendatangkan langsung dua narasumber dari Manajemen Masjid Jogokaryan Yogyakarta. Seperti Kita ketahui, manajemen Masjid Jogokaryan merupakan salah satu rujukan manajemen masjid terbaik di Indonesia,” ujar Bupati Riza, Senin (16/09/2024).

Bupati Riza juga menambahkan bahwa Masjid Jogokaryan bahkan pernah menerima kunjungan delegasi parlemen dari Eropa karena prestasinya dalam mengelola masjid yang berperan besar bagi kesejahteraan masyarakat. Ia berharap dengan kegiatan ini, DKM atau pengurus masjid di Bangka Selatan dapat menjadikan masjid sebagai pusat pemberdayaan dan penggerak kesejahteraan masyarakat, di samping perannya sebagai tempat ibadah.

Kegiatan yang akan digelar pada Selasa (17/09/2024) di Ruang Rapat Gunung Namak, Kantor Bupati Bangka Selatan ini, juga merupakan bentuk kolaborasi antara Pemkab Bangka Selatan dan Baznas Bangka Selatan. Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Bangka Selatan, Ari Dinata, mengungkapkan bahwa acara ini akan diikuti oleh 76 peserta dari DKM atau pengurus masjid.

“Kegiatan ini merupakan kolaborasi Pemkab Bangka Selatan dan Baznas Bangka Selatan. Untuk tahun ini Kita akan mengundang 76 peserta DKM/Pengurus. Bagi DKM yang belum diundang tahun ini, InsyaAllah tahun depan kegiatan ini akan Kita lakukan lagi,” ungkap Ari Dinata.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa Pemkab dan Baznas akan melakukan monitoring dan evaluasi penerapan dari pelatihan ini setelah acara selesai, sesuai arahan dari Bupati dan Wakil Bupati. Program peningkatan pengelolaan masjid ini akan menjadi salah satu prioritas Pemkab ke depan.

Acara akan dimulai pukul 08.00 WIB hingga selesai, dengan menghadirkan dua narasumber dari Masjid Jogokaryan Yogyakarta, yakni Ust. M. Rosyidi, dan Ust. Enggar Haryo Panggalih, yang masing-masing berasal dari Biro Manajemen Masjid dan Biro Kultum Subuh Masjid Jogokaryan. Keduanya siap berbagi ilmu dan pengalaman terkait pengelolaan masjid yang efektif dan efisien.

Dengan adanya pelatihan ini, Pemkab Bangka Selatan berharap masjid-masjid di wilayahnya dapat semakin berperan aktif dalam pemberdayaan dan kesejahteraan umat.(Dani)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama