Cooling System, Polres, Kodim dan Pemda Inhil serta Masyarakat Bersih-Bersih Kota Tembilahan



Indragiri Hilir, - Kegiatan Kamis Bersih yang digagas Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dikemas oleh Polres Inhil untuk melaksanakan Cooling system. 


Kegiatan Kamis bersih (5/9) bertempat di Lapangan Gajah Mada Tembilahan, diawali dengan Apel. 


Kegiatan tersebut diikuti PJ. Bupati Inhil H Erisman Yahya, Kapolres AKBP Budi Setiawan, Dandim Letkol Inf. Fikky Nur Kuncoro Jati, Pengadilan Negeri Tembilahan dan para Pimpinan OPD.


Kapolres Inhil mengajak masyarakat untuk menjaga stabiltas berbangsa dan bernegara dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2024.

 

"Selaku masyarakat kita jangan mau terprovokasi dengan pemberitaan Hoax apalagi tentang Pilkada Daerah serentak yang akan kita laksanakan pada 27 Nopember 2024," ujarnya.

 

Menurutnya, Pemilu 2024 harus menjadi pemilihan umum yang aman, jujur, damai dan kondusif. Hanya saja, situasi tersebut tak akan bisa terwujud tanpa komitmen seluruh lapisan masyarakat. Mulai dari penyelenggara, peserta pemilu dan tim pemenangannya, Pemerintah dan seluruh masyarakat.


"Situasi yang aman, nyaman dan kondusif akan terwujud apabila seluruh masyarakat, peserta dan penyelenggara pemilu sama sama berkomitmen menjaga situasi kamtibmas agar tetap kondusif," kata Kapolres. 


Sampai sejauh ini, Kapolres menegaskan bahwa situasi kamtibmas di Kabupaten Inhil relatif kondusif. Meski begitu, kepolisian intens mengidentifikasi beberapa potensi kerawanan yang harus diwaspadai oleh masyarakat saat tahapan pemilu berlangsung. 

Antara lain, praktik money politic, netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), politik identitas, dan penyebaran berita palsu atau hoax.


"Kami mengajak seluruh masyarakat untuk tetap bersatu, tidak terpecah belah, apalagi bermusuhan. Mari bersama menjaga suasana aman dan damai dalam setiap tahapan Pemilu. Utamakan persatuan dan kesatuan di atas segalanya," ungkapnya.


Lebih lanjut Kapolres yang jago sepak bola ini berharap kepada seluruh masyarakat untuk dapat mendinginkan suasana jikalau ada potensi yang mengarah pada inkondusifitas.


"Makanya kenapa harus jadi cooling system, karena supaya tidak ada konflik yang berlanjut. Semua pihak menjadi tenang, sehingga pemilu pun berjalan lancar sampai selesai," terangnya.


PJ. Bupati Inhil menerangkan Kamis Bersih menjadi agenda rutin di Kabupaten Indragiri Hilir. kamis bersih ini merupakan wujud nyata dari komitmen kita bersama untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan serta menumbuhkan semangat gotong royong di antara kita semua. 


"Sasaran gerakan Kamis Bersih hari ini adalah pembersihan pasar terapung. saya harap ke depan kita dapat gotong royong lagi bersama-sama di pasar dan fasilitas- fasilitas umum lainnya termasuk toilet- toilet masjid/surau agar kenyamanan beribadah dapat terjaga," ungkapnya. 


Ia menjelaskan, seperti yang diketahui, kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab kita bersama.


"Lingkungan yang bersih dan sehat akan terhindar dari berbagai penyakit, meningkatkan kualitas hidup, dan menciptakan suasana yang nyaman untuk beraktivitas. Namun pada realitanya, masih banyak tantangan yang kita hadapi dalam menjaga kebersihan lingkungan, seperti tumpukan sampah di berbagai sudut kota dan desa, saluran air yang tersumbat, dan kurangnya kesadaran masyarakat AKAN pentingnya menjaga kebersihan, melalui gerakan kamis bersih ini, Kita ingin menumbuhkan kesadaran partisipasi aktif masyarakat dan dalam menjaga kebersihan lingkungan," terangnya.


Dengan semangat gotong royong, Pj Bupati mengajak bersama- sama membersihkan jalanan, memunguti sampah, dan membersihkan drainase air. kamis bersih ini bukan hanya tentang membersihkan sampah dan saluran air, tetapi juga tentang menumbuhkan rasa memiliki dan tanggung jawab terhadap lingkungan.


"Saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam gerakan kamis bersih. Keberhasilan gerakan kamis bersih ini tidak terlepas a kerja keras dan dedikasi seluruh pihak, termasuk kodim, polres, pemerintah daerah, swasta, maupun masyarakat," tukasnya.(Yanti)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama