Sosok Wanita Tangguh Yuliantini Menjadi , “Srikandi” Dari Utara di Pilkada Inhil


 

TEMBILAHAN - Pesta demokrasi akan segera dilaksanakan yaitu Pilkada Inhil kali dirasakan lain dari sebelumnya. Salah satunya yang jadi pembeda, adanya calon perempuan yang ikut berkompetisi. Kondisi itu memberikan warna lain, sebab ini kali pertama perempuan maju pada pagelaran Pilkada di “Bumi Seribu Parit”


Sosok yang berani itu adalah Hj. Yuliantini S Sos. MSi. Yang berssngkutan adalah anggota DPRD Inhil dari Partai Golkar Dapil 4, (Kateman,Pulau Burung dan Telok Blengkong). Ia sudah duduk menjadi anggota DPRD Inhil untuk periode ke lima.


Putri kelahiran Desa Igal, Kecamatan Mandah ini adalah salah satu politisi perempuan yang dinilai sukses berkarir di dunia politik. Hal itu sudah dibuktikan, dalam beberapa Pileg, dirinya mampu unggul dan berhasil duduk sebagai anggota DPRD Inhil


Apalagi yang bersangkutan sudah menyatakan kesiapan diri untuk maju di Pilkada Inhil sebagai Wakil Bupati dan akan berpasangan dengan H Herman, S Sos, MT. “Saya siap mendamping pak Herman dalam Pilkada Inhil ini,” kata Yuliantini Senin 26 Agustus 2024.


Perempuan berusia 53 tahun itu memulai karirnya sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Inhil sejak tahun 2004 lalu. Hingga saat ini sudah lima periode mewakili masyarakat dapil IV.


Yuliantini S Sos M Si memberikan warna baru dalam kontestasi politik tahun 2024 ini. Bukan hanya memperkaya dinamika Pilkada, tetapi juga memberikan inspirasi bagi kaum perempuan dan emak-emak.


Panggung politik di Pilkada Inhil menunjukkan bahwa perempuan memiliki potensi yang besar untuk memimpin untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan daerah dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat.


Dengan latar belakang dan pengalaman yang kuat, Yuliantini S Sos M Si diharapkan dapat membawa perubahan positif bagi Inhil dan mendorong lebih banyak perempuan untuk terlibat dalam dunia politik yang bertujuan meningkatkan marwah Inhil.


Dalam konteks Pilkada Inhil 2024, kehadiran Yuliantini S Sos M Si ini sebagai calon pemimpin tidak hanya menawarkan pilihan alternatif, tetapi juga menjadi harapan baru bagi keterwakilan dan pemberdayaan perempuan di daerah ini.


Untuk diketahui, Yuliantini S Sos M Si mendapatkan Surat Keputusan (SK) B1-KWK dari Partai Golkar untuk menjadi wakil Haji Herman maju sebagai Calon Bupati Inhil pada Pilkada 27 November 2024 ini.


Selain Partai Golkar, Haji Herman-Yuliantini didukung oleh Partai NasDem, PPP dan PKS. Satu partai lagi yang akan menyusul, yakni PSI sebagai partai koalisi.


Kepada media ini, Selasa, 27 Agustus 2024 Hj Yliantini mengungkapkan, salah satu pertimbangan dirinya maju sebagai Cawabup adalah sosok H Herman yang visioner saat memimpin. Meski hanya hitungan bulan menjadi Pj Bupati Inhil, tapi sudah membuat gebrakan yang luar biasa bagi kemajajuan Inhil.


“Pak Herman adalah sosok yang paham dengan kondisi daerah. Kebetulan saya di komisi yang membidangi perihal keuangan. Dari berbagai diskusi yang kita lakukan, saya bisa tahu visi dan pak Herman dalam membangun Inhil, dan itu pantas kita dukungan demi kepentingan Inhil,” ujarnya.


Selain itu menurutnya, ia ingin berbuat lebih untuk Inhil, terutama menyangkut persoalan ekonomi. Saat ini kondisi perekonomian masyarakat tidak dalam kondisi baik, hal itu disebabkan lahan perkebunan kelapa yang jadi urat nadi perekonomian tidak produktif dan rusak, baik karena intrusi air laut, serangan hama, dan perkebunan tua.


Yuliantini menambahkan, angka stunting ada di Inhil harus menjadi perhatian. Selain karena faktor ekonomi, persoalan stunting erat kaitannya dengan peran ibu dalam mengasuh anak. “Saya terpanggil bagimana meningkatkan peran ibu dalam sektor ekonomi dalam memperbaiki perekonomian masyarakat, apakah lewat UMKM, maupun pelatihan lainnya,” ujarnya.


Terahir Yuliantini mohon doa restunya kepada seluruh masyarakat Inhil, terutama kaum perempuan. “Belum pernah ada sosok perempuan di Pilkada Inhil, untuk kaum ibu, mari dukung kami, untuk kemajuan Inhil ke arah yang lebih baik,” tambahnya. (Suf)


Profil Yuliantini, S.Sos, M.Si


Pendidikan


SD Negeri 12 Igal 1979

SMPN Negeri I Tembilahan 1985

SMU YPTS Mandah 1988

S1 Universitas Lancang Kuning 2004

S2 Universitas Wijaya Putra 2012


Organisasi


Ketua PK Kecamatan Pulau Burung

Ketua KPPG Partai Golkar DPD Inhil 2014

Ketua Bapilu Partai Golkar Dapil IV 2019.


Pekerjaan


Anggota DPRD Inhil 2004-2009

Anggota DPRD Inhil 2009-2014

Anggota DPRD Inhil2014-2019

Anggota DPRD Inhil 2019-2024

Anggota DPRD Inhil terpilih 2024-2029


(Rilis)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama