Polres Inhil Gelar Simulasi Pengendalian Massa Pengamanan Pilkada





Indragiri Hilir,- Sebuah bom yang berkekuatan sedang meledak tepat di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hilir. Namun tak terlihat adanya korban jiwa.


Hal ini disebabkan telah diseting sedemikian rupa dalam rangka Simulasi Sistem Pengamanan (Sispam) Kota Operasi Mantap Praja Lancang Kuning 2024. Pengamanan Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Indragiri Hilir yang digelar Polres Inhil, di Halaman Kantor Bupati Inhil. Senin (26/8/2024). 


Terlihat bom tersebut, meledak sesaat setelah diamankan oleh tim Gegana dari Brimob Polda Riau kemudian dimasukkan ke dalam alat khusus lalu diledakan.


Sebelumnya, aksi ratusan massa yang diperagakan personil Polres Inhil juga menyerbu dan memaksa masuk ke kantor KPU Inhil, tak peduli dengan hadangan aparat kepolisian yang berjaga, massa terus menerobos dengan melempar berbagai batu dan membakar ban bekas


Massa baru buyar, setelah petugas menembakkan gas air mata dan menyemprotkan water canon dan berhasil mengamankan para propokator yang menggerak massa menuju kantor KPU Inhil.


Kapolres Inhil AKBP Setiawan mengatakan bahwa Simulasi Sispam Kota Operasi Mantap Praja Lancang Kuning 2024 merupakan gambaran Pengamanan Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Indragiri Hilir di wilayah hukum Polres Inhil.


"Simulasi itu melibatkan personel gabungan Polri- TNI, Gegana Polda Riau dan Satpol PP, serta Instansi terkait adalah untuk memberikan rasa aman dan nyaman dalam rangka pilkada serentak 2024 nanti," ungkap Kapolres. 


Ditambahkannya, simulasi juga merupakan upaya kesiapsiagaan dalam menghadapi situasi kerawanan yang mungkin terjadi saat pelaksanaan pilkada sehingga para personel telah memiliki kesiapan dan pemahaman.


"Hal ini dilakukan agar para personel itu lebih siap dalam menangani berbagai situasi yang mungkin timbul saat Pilkada serentak 2024 mendatang," tambahnya.(Yanti)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama