Selenggarakan High Level Meeting Pengendalian Inflasi Bulan Juli, Pemkab Basel Siapkan Langkah Ini

86Berita.Com//BANGKA SELATAN – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) kembali menggelar rapat High Level Meeting Pengendalian Inflasi untuk mengevaluasi dan mengendalikan pergerakan harga komoditas yang menjadi kontributor inflasi. 

Acara yang berlangsung di ruang rapat Gunung Namak, Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka Selatan, mulai pukul 09.00 WIB hingga selesai.

Acara dibuka oleh Wakil Bupati Bangka Selatan,Debby Vita Dewi, SE, MM dan turut dihadiri oleh Kasdim 0432 Bangka Selatan, Perwakilan Polres Bangka Selatan, Kepala BPS Bangka Selatan, Perwakilan BI Bangka Belitung, serta sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkab Bangka Selatan.

Wabup Debby menegaskan pentingnya mencermati dan mengevaluasi pergerakan harga komoditas utama yang mempengaruhi inflasi, seperti beras, ayam, daging, dan bawang yang saat ini masih stabil. Namun, komoditas cabe tetap menjadi fokus pemantauan, baik di tingkat nasional, regional, maupun lokal di Bangka Selatan.

"Hari ini kita kembali mengadakan rapat high level meeting pengendalian inflasi dengan tujuan untuk mencermati dan mengevaluasi kembali pergerakan harga-harga komoditas kontributor inflasi. Berdasarkan informasi yang disampaikan, secara umum pergerakan harga komoditas seperti beras, ayam, daging, bawang masih stabil. Adapun komoditas cabe secara nasional, regional maupun di Bangka Selatan sendiri menjadi pantauan khusus," ujar Wabup Debby pada (22/07/2024).

Untuk mengatasi potensi kenaikan harga dan memastikan kestabilan inflasi, Pemkab Basel telah menyiapkan beberapa langkah tindak lanjut. 

"Berdasarkan kondisi tersebut, ada beberapa tindak lanjut yang sudah dan akan kita lakukan. Langkah tersebut antara lain pemantauan ketersediaan stok sekaligus kelancaran distribusi komoditas cabe dan lainnya setiap dua minggu, operasi pasar rutin juga setiap dua minggu. Untuk peningkatan produksi dilakukan dengan gerakan menanam cabe di lahan pekarangan serta secara bertahap melakukan program penanaman cabe di beberapa lokasi yang sudah disiapkan seperti Rias, Serdang, Keposang dan Pulau Besar," jelas Wabup Debby.

Melalui langkah-langkah tersebut, Pemkab Basel berharap dapat menjaga stabilitas harga komoditas dan mengendalikan inflasi di wilayah Bangka Selatan demi kesejahteraan masyarakat.(Dani)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama