Pemkab Basel Pastikan Pasokan Hewan Kurban Aman untuk Idul Adha 1445 H

86Berita.Com//BANGKA SELATAN,-  Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, menjamin pasokan daging hewan kurban mencukupi kebutuhan masyarakat untuk perayaan Idul Adha 1445 Hijriah. Hal ini diungkapkan oleh Kepala bidang Peternakan Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Bangka Selatan, Nurudin.

"Jumlah hewan kurban yang terdata saat ini mencapai 771 ekor, terdiri dari 500 ekor sapi dan 271 ekor kambing," kata Nurudin.

Menurut Nurudin, pihaknya melakukan pendataan persediaan hewan kurban secara berkala setiap pekan untuk mengantisipasi peningkatan permintaan masyarakat menjelang Idul Adha. 

"Pendataan berkala ini adalah langkah antisipasi dini untuk memastikan kebutuhan masyarakat terpenuhi dan juga untuk pelaporan jumlah persediaan hewan kurban ke provinsi dan pusat," tambahnya.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan secara rutin melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban yang masuk ke wilayah Bangka Selatan untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) serta penyakit lato-lato.

 "Tujuannya adalah memastikan hewan ternak dalam kondisi sehat dan bebas dari berbagai penyakit, serta memastikan daging kurban yang dikonsumsi masyarakat Bangka Selatan aman," jelas Nurudin.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama