Dua Peserta Dari Bangka Selatan Lulus Kompeten, Ikut UKW Di Babel Dari Lembaga Uji UPN Veteran Yogyakarta

 

86Berita.Com//Pangkalpinang, – Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Dewan Pers menggandeng Penguji Lembaga Uji UPN Veteran Yogyakarta, PWI, dan IJTI di Hotel Swissbell Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung berakhir pada Sabtu (15/6/2024) sore.

Sebanyak 3 kelas jenjang muda oleh Penguji Lembaga Uji UPN Veteran Yogyakarta hanya satu orang jurnalis belum kompeten.

Sementara belasan wartawan dari berbagai wilayah di Provinsi Babel seperti Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka Selatan, Belitung, dan Belitung Timur itu dinyatakan kompeten setelah menyelesaikan 11 mata uji selama dua hari, Jumat-Sabtu (14-15/6/2024).

Dani Samjaya Sulaiman,S.I.P dan Bambang Irawan merupakan Peserta UKW jenjang Muda perwakilan dari Kabupaten Bangka Selatan yang lulus UKW dan dinyatakan Berkompeten.

“Selama 2 hari mengikuti kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tersebut memang sangat menguras pikiran dan konsentrasi karena bagaimana pun juga kami harus membuktikan walaupun kami peserta yang berasal dari Kabupaten Bangka Selatan yang mengikuti Uji Kompetensi Wartawan ini dengan harus menempuh perjalanan 130KM, kami harus bisa menjadi wartawan yang berkompeten,” ujar Bambang.

Sementara Dani Samjaya Sulaiman,S.I.P peserta UKW dari Kabupaten Bangka Selatan juga mengatakan,Banyaknya peserta yang mencapai puluhan peserta dan terbagi beberapa jenjang diantaranya Jenjang Muda dan Madya yang juga kegiatan UKW tersebut digelar oleh Dewan Pers menggandeng Penguji Lembaga Uji UPN Veteran Yogyakarta, PWI, dan IJTI.

“Walaupun kami berdua di kelas yang berbeda dan masing-masing berhadapan berbeda Penguji dari Lembaga Uji UPN Veteran Yogyakarta. Kami tetap fokus dan konsentrasi dalam melaksanakan tugas-tugas semua mata uji UKW,” ucap Dani.

Dari pengalaman mengikuti Uji Kompetensi Wartawan ini memang sangat luar biasa dan sangat menguras konsentrasi pikiran dan disinilah kita di Uji, dengan mengikuti UKW ini kita bisa tau bagaimana menjadi seorang wartawan yang Kompeten.

“Kami mengucapkan syukur dan terima kasih sudah diberikan kesempatan oleh Lembaga Uji UPN Veteran Yogyakarta untuk ikut UKW tahun ini di Bangka Belitung hingga lulus dan dinyatakan Berkompeten,” jelasnya.

Selain itu, tambah Dani,peserta UKW diharuskan memiliki pengetahuan, yakni pengetahuan tentang teori-teori jurnalistik serta pengetahuan umum.

“Wartawan itu harus memahami segala persoalan yang ada di masyarakat, karenanya harus memiliki pengetahuan yang luas. Hal ini nanti akan diuji dalam membangun jejaring dan yang wajib dipahami dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik, juga tak kalah pentingnya adalah memahami etika jurnalistik. Sehebat apapun seorang wartawan, jika tidak patuh terhadap etika jurnalistik, maka karya jurnalistiknya akan menimbulkan masalah,” kata Dani.

Adapun para Tim Penguji dari Lembaga Uji UPN Veteran Yogyakarta dalam UKW di Fasilitasi Dewan Pers di Bangka Belitung diantaranya

Dr. Agung Prabowo, M.Si. Penguji Jenjang Muda.

Dr. Susilastuti DN, M.Si. Penguji Jenjang Madya.

Mahmud Marhaba, S.Pd. Penguji Jenjang Muda.

Drs. Arif Wibawa, M.Si. Penguji Jenjang Muda.

(*/Red).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama