Hujan Deras 1 hari, 4 Kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya Dilanda Banjir dan Longsor



 86berita.com Tasik - Hujan deras mengguyur pada Jumat 24 Mei 2024 di wilayah Kabupaten Tasikmalaya, menyebabkan terjadinya bencana terutama banjir dan longsor. Kedua bencana itu, menyebabkan puluhan rumah dan fasilitas umum lainnya rusak.


Dari data BPBD Kabupaten Tasikmalaya, bencana banjir terjadi di Kecamatan Sukaresik. Tepatnya di Desa Tanjungsari dan Banjarsari meliputi kampung Kampung Cicalung, Bojongwaru, Banjarsari, Muhara, Sandaan Kaler dan Hegarsari.

"Penyebab banjir yakni volume air sungai Cikidang dan sungai Citanduy meningkat hingga meluap dan masuk pemukiman warga," kata Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Dede Sudrajat


 Ketinggian air banjir di lokasi tersebut, mencapai 30-40 centimeter hingga menggenangi puluhan rumah warga. Saat ini, kondisi banjir sudah mulai surut.


Selain banjir, lanjut Dede Sudrajat, bencana lainnya dampak dari hujan deras yakni bencana longsor. Bencana longsor, diantaranya terjadi di Kampung Legok Cimara Desa Karangmukti  Kecamatan Salawu. 

“Akibat bancana longsor tebing setinggi 15 meter, menyebabkan satu rumah semi permanen dan satu rumah panggung rusak berat, serta empat rumah terancam,” ujar Dede.

 Bencana longsor juga terjadi di Kampung Cingaloma, Desa Cidugaleun Kecamatan Cigalontang. Dilokasi ini,  1 rumah milik Uca Mustopa tertimpa material longsor. 

Bencana longsor lainnya terjadi di Kampung Citerewes Desa Sukaharja Kecamatan Sariwangi. Dilokasi ini, 4 pipa transmisi milik Perumda Tirta Sukapura terputus.

Akibatnya, layanan air bersih terhenti untuk pelanggan yang ada di wilayah Kota dan Kabupaten Tasikmalaya. (Sugi dan tim)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama