Akibat bencana alam pergerakan tanah,ratusan warga terpaksa mengungsi




86berita/Bandung Barat - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat mencatat sebanyak 192 warga mengungsi imbas pergerakan tanah di Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.


Seperti diketahui, bencana alam pergerakan tanah ini terjadi di Kampung Cigombong RT 04, RW 04, Desa Cibedug, Kecamatan Rongga, Minggu (18/2/2024) malam sekitar pukul 22.00 WIB.


"Warga terdampak ada 47 KK dengan 155 jiwa dan warga yang mengungsi ada 48 KK dengan 192 jiwa," kata Pranata Humas Ahli Muda BPBD Jabar Hadi Rahmat dalam keterangan tertulis yang diterima detikJabar, Sabtu (2/3/2024).

Hadi mengatakan karena bencana alam ini berdampak pada fasilitas sekolah SDN Babakan Talang, aktivitas kegiatan belajar mengajar siswa sementara dilakukan secara jarak jauh.

"Hasil dari investigasi bersama aparat kewilayahan kecamatan, desa, pihak sekolah, sementara sekolah untuk menghindari hal yang tidak di ingin siswa mulai tanggal 21 sampai dengan saat ini belajar di rumah," ungkap Hadi.

Menurut Hadi, penyebab kejadian diduga karena tanah di kawasan tersebut labil. "Hujan dengan intensitas tinggi yang melanda wilayah tersebut dan permukaan tanah yang labil," ujarnya.

"Kami persiapkan posko tanggap darurat beserta kelengkapannya, perbaikan akses jalan penghubung untuk beberapa desa yang tertutup akibat dari daerah longsoran agar tidak ada masyarakat yang terisolir dan pesiaapan surat tanggap darurat untuk percepatan penanganan," tuturnya.

BPBD Jabar juga telah mengirimkan batuan berupa 50 paket sembako dan 25 dus air minum. "Pengungsian sudah mulai mengungsi, keamanan mulai diperketat untuk masuk ke lokasi bencana siang dan malam karena pergerakan tanah mulai per menit, antisipasi timbunan tanah ke Sungai Cidadap," terangnya.

(AULIA ZENYA)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama