Gunawan Togatorop Kordinator Tokoh Muda IKBR Inhil Hadiri Talk Show Sumpah Pemuda


 

Indragiri Hilir 86 berita online com- Sumpah Pemuda merupakan salah satu peristiwa bersejarah sebelum Indonesia merdeka. Peristiwa ini merupakan tonggak sejarah yang menggerakan pemuda dan rakyat Indonesia untuk bersatu dalam memperjuangkan kemerdekaan pada masa penjajahan.


Sumpah Pemuda lahir dari hasil rapat para pemuda atau kongres pemuda yang kedua pada tanggal 28 Oktober 1928. Kongres Pemuda tersebut merupakan usulan dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), yaitu organisasi pemuda pelajar dari seluruh daerah Indonesia.


Dengan sumpah pemuda, perjuangan rakyat Indonesia tidak lagi bersifat kedaerahan, melainkan sudah menjadi kesatuan yang kuat. Oleh karena itu, semangat Sumpah Pemuda dan kebangsaan tetap harus dikobarkan di masa sekarang, terutama oleh generasi muda demi kemajuan Bangsa Indonesia.


Sebabnya, jelang peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95,KNPI  mengundang semua lapisan masyarakat untuk menyaksikan rangkaian talks how seru dan orasi,termasuk paguyuban IKBR kab inhil dalam acara  hari sabtu, 28,Oktober 2023,dihotel top 5,kabupaten Indragiri hilir, acara ini dibuat untuk memperkuat semangat kebangsaan, persaudaraan, demokrasi, dan membangun pemuda yang tak apatis.


Demikian juga turut hadir tokoh dari berbagai latar belakang dan perspektif yang akan menyuarakan semangat Sumpah Pemuda dan kebangsaan melalui orasi dan talkshow yang dikemas dengan santai.


Tokoh-tokoh hebat yang akan hadir di acara ini, di antaranya adalah bapak tokoh pembangunan Riau HM Rusli Zainal.

Adapun acara   talkshow yang membahas topik-topik menarik yang erat kaitannya dengan masyarakat yang diharapkan menjadi titik temu yang menyatukan generasi muda di masa yang rawan perpecahan.


Pembahasan ini sejalan dengan semangat sumpah pemuda agar seluruh rakyat, terutama pemuda untuk bersatu sebagai Bangsa Indonesia, meski ada perbedaan dalam berbagai hal.


"Pada kesempatan itu awak media berbincang - bincang dengan Gunawan Togatorop sebagai tokoh muda ikbr kan inhil  yang ketika ditanya tentang sumpah pemuda,Gunawan pun berbagi kisah hidup dalam kemajemukan untuk membangun toleransi dan kerukunan meski berbeda keyakinan.terang  Gunawan kepada awak media.


Selanjutnya, Gunawan Togatorop yang didampingi bangkit Sinambela menambahkan, akan tetapi walaupun berbeda namun kita tetap satu juga.


"Artinya kita mestinya dapat  memaknai arti Sumpah Pemuda dan kebangsaan dari perspektif anak muda pada masa sekarang ini, yang juga disebut jaman millenial,pungkan Gunawan seraya sambil mengumbar senyuman kesehariannya.


Namun menurut bangkit Sinambela,selaku wakil sekjen dari ikbr kabupaten Indragiri hilir mengatakan,Bagi anak muda di masa sekarang, sumpah pemuda bisa dimaknai dengan saling menghormati dan menghargai satu sama lain meski memiliki suku, agama, dan budaya yang berbeda. Sebab Indonesia mempunyai kesamaan yang menyatukan, yakni satu Tanah Air, satu bangsa, dan satu bahasa,jelas bangkit.



"Karna masih menurut bangkit Sinambela pada dasarnya bahwa, Perumusannya

Sementara, semangat kebangsaan adalah dorongan untuk mempertahankan suatu bangsa serta memberikan dampak positif dalam perkembangan berbangsa dan bernegara, seperti dengan terus berkarya, menjadi rakyat teladan, serta mendukung produk dalam negeri. Semangat ini tumbuh dari rasa cinta dan rela berkorban untuk Bangsa Indonesia,penuh harap.(tim - Pji- d)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama