Haflah Khotmil Qur'an Ke 17 TPQ NURUL JADID, Dusun Grogol - Desa Wanamulya"


media online 86berita.co.id
Provinsi jawa tengah


“Haflah Khotmil Qur'an Ke 17
TPQ NURUL JADID, Dusun Grogol - Desa Wanamulya"


PEMALANG - 86 Berita online.com. 
Dakusno - selaku Kepala TPQ Nurul Jadid, menyampaikan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, alhamdulillah, TPQ  Nurul Jadid, Dusun Grogol - Desa Wanamulya sukses menggelar program khataman Al Qur’an yang berlangsung pada hari Minggu tanggal (17-09-2023), acara ini sebelumnya diawali dengan melakukan kirab pada hari Sabtu pukul 14.00 – 17.00 WIB, di sekitar lingkungan Desa Wanamulya, para santri peserta khataman, wali santri, pengurus dan staf pengajar berkeliling melawati sekitar lima desa dengan kendaraan  bersama-sama yang diiringi dengan lantunan sholawat.


Kegiatan yang ditempatkan di tpq unit pendidikan tersebut, yaitu TPQ Nurul Jadid, acara diawali dengan Mars qiroati dilanjutkan dengan acara pengajian oleh almukarom Al ustadz Alam Muhajirin dari Pemalang, acara tersebut dihadiri Ribut Triyono - Kepala Desa Wanamulya, wali santri, pengurus, staf pengajar di lingkungan TPQ Nurul Jadid dan Kepala Lembaga Qiroati se Kecamatan Pemalang diantaranya, 


1. Taajusy Syarof - Mengori
2. Qurrotu'ain - Saradan
3. Alhijrah - Mulyoharjo
4. Nadiyatul Karomah 2 - Tambakyuda
5. Zahrotul Hayati - Tambakyuda
6. Miftahul Hidayah - Pelutan
7. Nurul Mustaqim - Widuri

Program khataman Al Qur’an adalah bentuk tanggung jawab lembaga atas pelaksanaan kegiatan pembelajaran Al Qur’an dengan metode qiroati. TPQ Nurul Jadid memberikan laporan langsung bukti hasil kegiatan belajar mengajar metode qiraati di hadapan wali santri dan para tamu undangan. Para santri peserta kegiatan ini mengkhatamkan atau menuntaskan pembelajaran Al Qur’an dan memperlihatkan kepiawaiannya dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para dewan asatidz dan asatidzah lembaga qiroati seputar materi pembelajaran Al Qur’an dengan metode qiraati, diantaranya tartil (kelancaran), fashohah (kefasihan), gharib (cara membaca ayat-ayat tertentu dalam Al Qur’an yang mempunyai hukum bacaan secara khusus), tajwid (hukum bacaan dalam Al Qur’an) serta hafalan doa-doa.

Alhamdulillah, berkat latihan dan persiapan yang matang dengan bimbingan dari para asatidz dan asatidzah qiroati yang ikhlas dan prosefional, para santri berhasil melalui tahapan demi tahapan dengan baik. Seluruh hadirin terharu bahagia dan kagum dengan kemampuan para peserta dalam menguasai materi-materi Al Qur’an di usia mereka yang masih belia dan remaja.

Berikut daftar nama santri yang dinyatakan lulus pendidikan dasar Al Qur’an metode qiraati yang mengikuti khataman, 

1. Widi Warsito
2. Sayyidan Sahibusholih
3. Satria Wiyasa Arthakusuma
4. Muhammad Jefri
5. Gilang Eza Pratama
6. Naufal Abiya Zuhdi
7. Ayu Agustinaya
8. Emiranisa Lutfi
9. Neysa Aqila Zafier
10. Nanda Imalia
11. Syifa Aprilia Khasanah
12. Roro Purwa purba Hningrum
13. Safa Izzatunnisa
14. Regina zalfa Putri
15. Felisia Sahda
16. Aulia Ida Yatun
17. Thalia Vevi Areta Azzarin

Di akhir penutup acara para santri khotmil qur'an menyanyikan lagu terima kasih guruku sambil memberikan bunga dan bersalaman kepada asatidz dan asatidzah TPQ Nurul Jadid, semua santri dan wali santri pecah tangis haru dan bahagia.

Kepala TPQ Nurul Jadid, berharap kedepanya anak didik peserta khataman semakin bertambah dan kualitasnya semakin meningkat. kepada semua pihak yang turut serta menyukseskan acara Khotmil Qur'an ini, kami ucapakan Jazakumallaah khairu jaza. semoga berkah untuk semua. Aamiin.

Sumber : 
Dakusno - Kepala TPQ Nurul Jadid
Wartawan Biro Pemalang : Caryono
Jurnalis kaperwil jawa tengah:
 Muji Hartono


Dipublikasikan oleh














https://www.media 86berita online.co.id

MEDIA OLINE 86BERITA PROP.JATENG bekerja sama dengan MEDIA SILAMPARI BERITA / (86berita.com) MUJIHARTONO jurnalistik kaperwil jateng REDAKSIONAL DITERBITKAN BERDASARKAN : Undang-Undang Pers No. 40/1999 Pasal 40 Ayat 1 (Kemerdekaan Pers Dijamin Sebagai Hak Asasi Manusia)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama