Wujudkan Kesetaraan Gender Dengan Turut Berpartisipasi Aktif Dalam Pemilu


media online 86berita.co.id
Provinsi jawatengah


Wujudkan Kesetaraan Gender dengan Turut Berpartisipasi Aktif dalam Pemilu



Pemalang | media online 86berita.co.id

- Kesetaraan gender merupakan salah satu fenomena yang masih hangat diperbincangkan dalam kehidupan berpolitik.
Sejak dulu, tugas perempuan dianggap hanya terbatas pada pekerjaan rumah tangga saja sedangkan pemegang kekuasaan utama adalah laki-laki.
Hal inilah yang menyebabkan budaya patriarki masih mengakar erat di Indonesia. Permasalahan ini kemudian berpengaruh terhadap kurangnya ketertarikan perempuan untuk berpatisipasi dalam kegiatan politik yang juga menyebabkan rendahnya tingkat partisipasi perempuan.
Berdasarkan data dari Komisi Pemilihan Umum, jumlah pemilih tetap di Indonesia ternyata lebih didominasi oleh perempuan. Artinya, perempuan memiliki potensi kekuatan yang lebih besar jika dibandingkan dengan laki-laki.
Akan tetapi, tingginya angka pemilih perempuan ternyata tidak serta merta membuat hak-hak dan posisi perempuan menjadi lebih diperhatikan.
Hal ini dikarenakan bahwa banyaknya jumlah pemilih perempuan yang ternyata tidak sebanding dengan angka pemilih perempuan pada saat pemilihan umum berlangsung.
Adanya stigma patriarki yang masih melekat-lah yang membelenggu perempuan sehingga menyebabkan semakin rendahnya partisipasi perempuan di bidang politik. Fenomena ini dapat merugikan posisi perempuan apabila tidak segera diatasi.
Oleh karena itu, perlu dilakukan adanya pemahaman kepada para perempuan untuk meningkatkan kesadaran dalam berpolitik sehingga posisi perempuan dalam politik tidak lagi tersisihkan.
Dalam upaya mendorong peningkatan partisipasi perempuan, Intan Qurrota A’yuni, Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro, melakukan sosialisasi kepada para perempuan di Desa Muncang terkait pentingnya partisipasi perempuan dalam politik. Sosialisasi ini dilakukan pada Senin, 24 Juli 2023 di rumah Bu Yati, salah satu rumah warga di Dusun I dengan mengumpulkan ibu-ibu PKK.


Dalam keterangan selanjutnya Intan Qurrota A’yuni, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jurusan Ilmu Pemerintahan, Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro TA 2022/2023, juga menyampaikan bahwa Kegiatan ini juga dilakukan dengan memberikan selebaran berupa leaflet yang berjudul “Pentingnya Partisipasi Perempuan” kepada ibu-ibu PKK dan masyarakat sekitar di Desa Muncang. Adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran perempuan khususnya di Desa Muncang untuk turut berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan politik. Selain itu, diharapkan pula dapat mendorong munculnya gerakan perempuan untuk memotivasi perempuan lain agar mau turut berpartisipasi dalam kegiatan politik, Jumat (05/08/2023).


Kami dalam melaksanakan sosialisasi ini juga tidak lepas dari arahan dan bimbingan dosen Ir. Bambang Sulistiyanto, M.Agr.Sc., Ph.D., IPU. Dan Yanuar Yoga Prasetyawan, S.Hum., M.Hum. beserta Faradhina Azzahra, S.T., M.Sc.

Dengan memberikan materi mengenai pengaruh partisipasi perempuan dalam politik dan kaitannya dengan kesetaraan gender di Indonesia. Partisipasi perempuan tersebut dapat ditingkatkan melalui keterlibatan aktif dalam setiap pemilihan umum.
Pemilihan umum sendiri merupakan suatu ruang begi semua masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pemilu. Pemilu ini dapat memberikan kesempatan yang sama bagi perempuan untuk mengubah persepsi publik mengenai keberdayaan perempuan serta dapat meningkatkan kekuatan perempuan dalam kegiatan politik sehingga turut mewujudkan kesetaraan gender.
Sosialisasi mengenai pentingnya partisipasi perempuan ini penting untuk dilakukan agar dapat meningkatkan semangat perempuan dalam berpolitik yang dapat diwujudkan yaitu dengan menggunakan hak suara mereka maupun ikut menjadi panitia penyelenggara pemilu. Tingginya angka partisipasi perempuan dalam politik ini akan dapat membantu mewujudkan akses yang setara dalam melaksanakan partisipasi di bidang politik serta mewujudkan kesetaraan gender yang selama ini diperjuangkan.
Selain itu, partisipasi ini juga dapat membantu menyukseskan pemilu 2024 yang akan diselenggarakan pada bulan Februari 2024 nanti, pungkas Intan Qurrota A’yuni.


(MH86B).

Dipublikasikan oleh media online

MUJIHARTONO
jurnalistik kaperwil jawatengah

https://www.media 86berita online.co.id

MEDIA OLINE 86BERITA PROP.JATENG bekerja sama dengan MEDIA SILAMPARI BERITA / (86berita.com) MUJIHARTONO jurnalistik kaperwil jateng REDAKSIONAL DITERBITKAN BERDASARKAN : Undang-Undang Pers No. 40/1999 Pasal 40 Ayat 1 (Kemerdekaan Pers Dijamin Sebagai Hak Asasi Manusia)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama