Tim KKN Udip Laksanakan Edukasi Produk Peternakan ASUH Di desa Muncang kecamatan Bodeh


media online 86berita.co.id
Provinsi jawa tengah


Tim KKN Undip Laksanakan Edukasi Produk Peternakan ASUH di Desa Muncang kecamatan Bodeh


Pemalang | - Produk pangan peternakan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat desa Muncang kecamatan Bodeh kabupaten Pemalang. Penerapan asas ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal) merupakan salah satu upaya untuk tetap menjaga keamanan pangan. Banyaknya pelanggaran keamanan pangan yang dilakukan, menyebabkan terjadinya kekhawatiran di masyarakat khususnya ibu-ibu dalam memilih produk yang tidak berbahaya.
Prinsip produk pangan ASUH terdiri dari Aman, Sehat, Utuh dan Halal. Produk pangan Aman adalah produk pangan yang bebas dari kontaminan non pangan atau zat berbahaya.
Sedangkan Produk pangan Sehat adalah produk pangan yang dalam kondisi yang berkualitas baik, segar dan tidak dalam masa expired atau busuk sehingga tidak layak konsumsi.
Dan untuk Produk pangan Utuh adalah produk pangan dalam bentuk seutuhnya sebagaimana produk tersebut seharusnya.
Secara khusus Produk pangan Halal adalah produk pangan dengan penanganan sesuai dengan syariat islam.

Oleh sebab itu, salah satu mahasiswa Peternakan Undip Gustri Sage Santoso
FPP Peternakan Undip dibawah arahan dan bimbingan Dosen Ir. Bambang Sulistiyanto, M.Agr.Sc., Ph.D., IPU,
Dosen Yanuar Yoga Prasetyawan, S.Hum., M.Hum, serta Faradhina Azzahra, S.T., M.Sc. telah memberikan edukasi mengenai pemilihan daging Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH) kepada ibu – ibu yang berada di RT 23 RW 4 Desa Muncang, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jumat (20/07/2023) di rumah Ibu Endang. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan menggunakan media leaflet agar lebih menarik dengan gambar yang mudah dipahami.

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu dan mengedukasi masyarakat dalam menyikapi produk peternakan dengan menerapkan konsep ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal) agar keamanannya lebih terjaga. Pembagian leaflet juga dilakukan agar dapat dibaca dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, hal tersebut disampaikan Gustri Sage Santoso pada Jumat 4 Agustus 2023.

MH86B

Dipiblikasikan oleh media online

Mujihartono

https://www.media 86berita online.co.id

MEDIA OLINE 86BERITA PROP.JATENG bekerja sama dengan MEDIA SILAMPARI BERITA / (86berita.com) MUJIHARTONO jurnalistik kaperwil jateng REDAKSIONAL DITERBITKAN BERDASARKAN : Undang-Undang Pers No. 40/1999 Pasal 40 Ayat 1 (Kemerdekaan Pers Dijamin Sebagai Hak Asasi Manusia)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama