PEMKAB BASEL GELAR UPACARA HUT KE-78 RI, BUPATI RIZA HERDAVID AJAK ISI KEMERDEKAAN DENGAN HAL-HAL MEMBANGGAKAN

86Berita.Online//Bangka Selatan,- Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan menggelar Upacara Penaikan Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke - 78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Halaman Komplek Perkantoran Terpadu Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Kamis (17/8/23).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, sekaligus membaca teks Pancasila Bupati Bangka Selatan (Basel) H. Riza Herdavid, S.T., M.Tr.IP, Perwira Upacara Kabag Ops Polres Bangka Selatan Kompol Elpiandi, S.H, Komandan Upacara Kanit Tipiter Satreskrim Polres Bangka Selatan IPDA. Naufal Kurnia Rahman, S.TrK, Pembacaan Teks Proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Kabupaten Bangka Selatan Erwin Asmadi, Pembaca Teks Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh Kepala Seksi Tindak Pidana Korupsi Zulkarnain Harahap, S.H, dan Pembaca Doa Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan H. Jamaludin, S.Ag., M.H.

Selanjutnya untuk pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Merah Putih dipercayakan kepada ; Pembawa Baki I Neti putri dari Pasangan Bapak Sarmini dan Ibu Asnah asal Sekolah SMA N 1 Airgegas, Pembawa Baki II Nadia Safira putri dari Pasangan Bapak Suhendri dan Ibu Helpita asal Sekolah SMA N 1 Toboali, Pengibar Bendera Nashrullah Putra dari Pasangan Bapak Suherwin dan Ibu Heriyati asal sekolah SMA N 2 Toboali, Penggerek Aditya Wardana putra dari Pasangan Bapak  Zulkipli dan Ibu Sasmita asal sekolah SMA Muhammadiyah Toboali dan Jangkar Daffa Olanda putra dari pasangan Bapak Hermansyah dan Ibu Triwahyuni asal sekolah SMA N 1 Tukak Sadai dan seluruh Pasukan Paskibraka Kabupaten Bangka Selatan Tahun 2022.

Adapun peserta Upacara diikuti oleh Forkopimda Kabupaten Bangka Selatan, Anggota DPRD Kabupaten Bangka Selatan, Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, PNS/ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Siswa dan Tamu Undangan.

Usai upacara dilakukan Penyerahan Penghargaan Lencana Melati dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka oleh Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Bangka Selatan Hj. Elizia Riza Herdavid, S.E kepada Bupati Riza Herdavid, dilakukan juga Penyerahan Bingkisan/Cinderamata untuk janda veteran Kabupaten Bangka Selatan, Penyerahan Santunan (KORPRI) untuk Purna PNS, Penyerahan Penghargaan Porprov dan Pornas KORPRI.

Dilanjutkan dengan Penyerahan Piagam Penghargaan Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Bangka Selatan pada Kegiatan Lomba Inovasi Daerah TA 2023, Penyerahan piagam pemenang lompa penulisan essay dengan tema Budaya dan Kearifan Lokal program Inkubator Literasi Pustaka Nasional (IPLM) Tahun 2023, Penyerahan Insentif untuk 53 Pemuka Adat se-Bangka Selatan selama 12 bulan, Penyerahan penghargaan kepada pelajar Kabupaten Bangka Selatan pemenang O2SN, Penyerahan piagam penghargaan kepada Anggota Tim Penggerak PKK terbaik di Kabupaten Bangka Selatan dan terakhir dilakukan Pengukuhan dan Pelepasan Kontingen Bangka Selatan yang akan mengikuti Pekan Olahraga Provinsi ke-Enam Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2023.

Saat ditemui tim redaksi, Bupati Riza Herdavid menyampaikan dan mengajak kita semua sebagai generasi penerus sudah selayaknya mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang memang betul-betul bisa membanggakan Negara Republik Indonesia.

"Kalau kita sekarang berjuanganya lebih mudah ketimbang para pejuang-pejuang kita saat merebut kemerdekaan ini, contohnya dalam sekala kecil mungkin saya selaku kepala daerah Kabupaten Bangka Selatan saya berupaya mengisi kemerdekaan ini dan membalas perjuangan dari para pahlawan-pahlawan kita dengan mengisi pembangunan, sehingga rakyat-rakyat saya betul-betul merasakan kemerdekaan yang sesungguhnya, kemerdekaan yang diharapkan para pahlawan kita," ungkapnya.

Dalam momen kemerdekaan ini Bupati Riza Herdavid juga berpesan dan menekankan kepada seluruh jajarannya di Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan untuk selalu mengisi kemerdekaan dengan menjadi pelayan yang baik untuk masyarakat, sehingga masyarakat betul-betul merasakan apa artinya kemerdekaan dari pelayanan Pemerintah Daerah.

"Yang selalu saya tekankan kepada seluruh jajaran saya di Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan adalah  bagaimana pelayanan dasar dan kebutuhan dasar masyarakat selalu terpenuhi. Arti kemerdekaan sesungguhnya kalau kita para pejabat ini bagaimana kita bisa menjadi pelayan yang terbaik untuk masyarakat sehingga masyarakat betul-betul merasakan apa artinya kemerdekaan dari pelayanankita sendiri dari sisi Perangkatt Daerah Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan," pungkasnya.

Usai seluruh rangkaian upacara selesai  Bupati, Wakil Bupati, Forkopimda dan Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan mengikuti upacara HUT ke-78 RI di Istana Merdeka secara Virtual dan terakhir akan dilakukan upacara penurunan bendera menutup rangkaian acara HUT ke-78 RI sore hari ini. (Dani)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama