Pelatihan Pembuatan Dan Pengelolaan E-Commerce Pada Paguyuban UMKM MANDIRI JAYA Sebagai Solusi Pemasaran Produk


media online 86berita.co.id
Provinsi jawatengah


Pelatihan Pembuatan dan Pengelolaan E-Commerce, Pada Paguyuban UMKM Mandiri Jaya Sebagai Solusi Pemasaran Produk


Pemalang 
 Kelurahan Sugihwaras memiliki hasil tangkapan laut yang melimpah sehingga banyak sekali yang memanfaatkan untuk dijadikan beberapa olahan seperti kerupuk dan basreng. Salah satunya seperti yang dilakukan Paguyuban UMKM Mandiri Jaya yang telah memproduksi kerupuk dan basreng dari ikan blidah / ikan parang (Chirocentrus dorab) sejak tahun 2019.
Paguyuban Mandiri Jaya memiliki tempat produksi sendiri yang dapat memproduksi kerupuk dan basreng ikan secara konsisten. Namun, terdapat beberapa permasalahan yang menghambat laju usaha ini yaitu pemasarannya yang masih minim.





Bu Tumirah selaku ketua paguyuban menyampaikan bahwa pemasarannya produknya dengan cara dititipkan ke pedagang-pedagang yang berjualan di Sugihwaras (konsinyasi). Dari sistem tersebut membuat paguyuban mendapatkan keuntungan yang relatif kecil karena harus membayar komisi ke pedagang yang dititipi dengan dagangannya, ujar Tumirah.

Melihat permasalahan tersebut Rokh Yanuarrizky H. Mahasiswa Prodi Manajemen yang merupakan Penggagas Program ini dan merupakan salah satu TIM KKN Tematik Kelurahan Sugihwaras mengadakan sebuah program “Pelatihan pembuatan dan pengelolaan toko online UMKM pada platform E-Commerce”. Garis besar program ini yaitu menjelaskan secara sederhana apa itu E-Commerce manfaatnya untuk usaha, dilanjutkan mengarahkan untuk melakukan registrasi untuk membuka akun pada salah satu platform E-Commerce di Indonesia yaitu “Shopee”. Setelah melakukan registrasi maka diarahkan untuk melakukan pengisian data-data yang diperlukan untuk membuka toko di “Shopee” seperti data diri, alamat, hingga nomor rekening. Selanjutnya yaitu untuk melakukan upload produk yang akan dijual.
“ Produk yang diproduksi oleh Mandiri Jaya belum ada sama sekali yang coba dipasarkan melalui toko online. Sesuai dengan apa yang dikeluhkan bahwa pemasarannya masih terbatas di sekitar Sugihwaras maka akan kita coba untuk membuat program pelatihan untuk memasarkannya melalui e-commerce yaitu lewat Shopee “ Tutur Rokh Yanuarrizky H, Minggu (06/08/2023).

Semua tahapan ini dilakukan tersebut dilakukan untuk mencoba merambah konsumen yang berada di luar Sugihwaras dan Pemalang. Harapannya untuk dapat memperluas pangsa pasar produk olahan paguyuban UMKM Mandiri Jaya. Sesuai dengan tema yang dibawakan pada Kuliah Kerja Nyata Tematik di Kelurahan Sugihwaras ini yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan SDM agar terbebas dari kemiskinan.
Kegiatan ini dikonfirmasi oleh dosen pembimbing Dr. Fahmi Arifan, ST, M.Eng yang menyatakan “Bahwa KKN Tematik di Sugihwaras fokus pada pengembangan-pengembangan SDM agar dapat meningkatkan produktivitas warganya harapannya supaya dapat memberikan perubahan yang baik pada kondisi perekonomian disana.” ungkapnya.

Pernyataan tersebut didukung oleh dosen pembimbing lapangan drh. Siti Susanti, Ph.D yang menyampaikan “ Program tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan masyarakat khususnya pelaku UMKM dalam menggunakan IPTEK untuk membantu memasarkan produknya agar memiliki jangkauan yang lebih luas serta dapat dikenal oleh banyak orang.“ pungkas Fahmi Arifan.

(MH86B).

Dipublikasikan oleh media online

MUJIHARTONO
jurnalistik kaperwil jawa tengah

https://www.media 86berita online.co.id

MEDIA OLINE 86BERITA PROP.JATENG bekerja sama dengan MEDIA SILAMPARI BERITA / (86berita.com) MUJIHARTONO jurnalistik kaperwil jateng REDAKSIONAL DITERBITKAN BERDASARKAN : Undang-Undang Pers No. 40/1999 Pasal 40 Ayat 1 (Kemerdekaan Pers Dijamin Sebagai Hak Asasi Manusia)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama