Lampu Penerangan Jalan Tenaga Matahari Merupakan Pengambangan Desa Secara Berkelanjutan


media online 86berita.co.id
Provinsi jawa tengah
Lampu Penerangan Jalan Dengan Tenaga Matahari Merupakan Pengembangan Desa Secara Berkelanjutan Melalui Teknologi Energi Terbarukan



Pemalang |
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro, Daniela Helita Sitinjak Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Elektro pertama kalinya memperkenalkan dan melaksanakan pemasangan Lampu Penerangan Jalan dengan Tenaga Matahari pada perangkat desa serta warga setempat Desa Muncang, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang sebagai bentuk pengembangan desa secara berkelanjutan melalui teknologi energi terbarukan.


Desa Muncang merupakan salah satu desa yang cukup luas dengan dikelilingi banyak persawahan. Desa Muncang juga termasuk desa yang relatif sudah beraspal dengan terdapat beberapa lampu penerangan di setiap 10 meternya.
Namun demikian, lampu penerangan tersebut belum mengenai beberapa akses yang ternyata sangat sering dilalui masyarakat setempat seperti gang kecil, musholla, sawah, dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan pemasangan lampu di sana sulit dijangkau jaringan PLN atau dapat dikatakan bahwa lampu jalan penerangan di desa masih sangat bergantung pada energi listrik di tengah perkembangan energi terbarukan yang ada sehingga lampu tersebut tidak dapat menerangi akses jalan yang terlalu jauh, ujar Daniela Helita Sitinjak.





Maka dari itu kami anggota tim KKN Mahasiswa Undip dengan arahan dosen pembimbing Ir. Bambang Sulistiyanto, M.Agr.Sc., Ph.D., IPU. , Yanuar Yoga Prasetyawan, S.Hum., M.Hum. dan
Faradhina Azzahra, S.T., M.Sc. melaksanakan observasi lapangan dan ditemukanlah persoalan Desa Muncang belum memiliki lampu penerangan jalan yang maksimal. Jumat (04/08/2023).


Salah satu mahasiswa KKN Tim II Undip 2022/2023 dari Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Elektro, Daniela Helita Sitinjak memberikan gagasan untuk meningkatkan dan memperbarui lampu jalan dengan menggunakan teknologi energi terbarukan sebagai salah satu bentuk program kerja monodisiplin. Nantinya lampu jalan tersebut akan dirakit dengan menggunakan solar panel yang mampu menangkap sinar matahari dan mengubahnya menjadi listrik.
Selasa (18/07/23). Pelaksanaan program ini dimulai dengan survei ke gang kecil yang ditemani oleh salah satu perangkat desa, dengan tujuan untuk mengetahui posisi yang tepat, yang benar-benar membutuhkan lampu penerangan jalan. Setelah melakukan survei, ditemukanlah tempat yang tepat untuk pemasangan lampu penerangan jalan yaitu Musholla Al-Hikmah Desa Muncang dan Balai Desa Muncang.
Hari berikutnya, mulai dilakukan perakitan lampu solar cell bersama teman-teman KKN. Untuk satu lampu penerangan jalan dibutuhkan beberapa komponen antara lain satu buah modul panel surya, 12 W 5V/170×340 mm; 420 LED; 2 buah baterai 12.8V 42000 mAh dan box baterai; satu buah Solar Charge Controller.

Pemasangan Lampu Penerangan Jalan dengan Tenaga Matahari di Musholla Al-Hikmah dan Balai Desa Muncang bersama perangkat desa dan warga setempat Desa Muncang, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang. Untuk luaran dari program monodisiplin ini berupa lampu dan sosialisasi kepada masyarakat tentang cara perawatan, desain, cara pemasangan, serta tujuan adanya lampu penerangan jalan solar cell melalui poster. Harapan kedepannya agar masyarakat di sekitar Musholla Al-Hikmah serta Balai Desa Muncang dapat mengembangkan lebih lanjut lampu penerangan jalan tenaga matahari sehingga lampu penerangan jalan dapat tersebar secara merata terutama di daerah yang minim penerangan, pungkas Daniela Helita Sitinjak.

MH86B
Dipublikasikan oleh media online


Mujihartono
Jurnalistik kaperwil jawa tengah

https://www.media 86berita online.co.id

MEDIA OLINE 86BERITA PROP.JATENG bekerja sama dengan MEDIA SILAMPARI BERITA / (86berita.com) MUJIHARTONO jurnalistik kaperwil jateng REDAKSIONAL DITERBITKAN BERDASARKAN : Undang-Undang Pers No. 40/1999 Pasal 40 Ayat 1 (Kemerdekaan Pers Dijamin Sebagai Hak Asasi Manusia)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama