Kepala Bakesbangpol Basel Hadiri Tanam 1100 Pohon Serentak sebagai Wujud Kepedulian terhadap Lingkungan

86Berita.Online//Bangka Selatan,- Dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pelestarian alam, Polres Bangka Selatan bersama Forkopimda melaksanakan kegiatan penanaman pohon serentak di Dusun Parit 7 Desa Kaposang, Kabupaten Bangka Selatan,Rabu (23/08/2023).

Kegiatan yang berlangsung melibatkan berbagai pihak sebagai bentuk kolaborasi untuk menghijaukan wilayah Bangka Selatan.

Dengan tema “Polri Lestarikan Negeri,Penghijauan Sejak Dini,” kegiatan ini merupakan inisiatif yang telah dilaksanakan untuk keempat kalinya oleh Polres Bangka Selatan.Total 1100 bibit pohon ditanam dalam berbagai jenis, seperti Kayu Putih, Cemara, Apokat, Mangga, Bakau, Durian,dan jenis pohon lainnya.

Penanaman dilakukan di 6(Enam)titik lokasi,yaitu Parit 7 Desa Kaposang,Tanjung Ketapang Dusun Merbau, Kecamatan Simpang Rimba Batu Betumpang, Kecamatan Pulau Besar,Lepar Pongok Tanjung Sangkar, serta di Kecamatan Air Gegas Desa Nangka dan Kecamatan Payung Desa Rajik.

Kapolres Bangka Selatan, AKBP Toni Sarjaka menjelaskan bahwa selain menjaga kelestarian alam, lindungan pohon ini juga memiliki manfaat praktis. Batang pohon berfungsi sebagai cadangan udara saat musim kemarau, sementara oksigen tinggi meningkat dengan menjemur pohon. Selain itu, pohon-pohon ini juga memiliki batang yang kuat dan dapat menghasilkan buah, memberikan manfaat ekstra bagi lingkungan sekitar.

“Program pembinaan pohon ini merupakan program yang sangat baik dilaksanakan untuk memelihara alam atau lingkungan hidup harus terus dijaga kelestariannya, sehingga dapat menjadi warisan bagi anak cucu kelak,” ujar Toni Sarjaka.

Ka.Bakesbangpol Basel Evi Sastra,SE,MM Mengatakan Kita berharap kegiatan seperti ini sering dilaksanakan agar dapat mengurangi pemanasan global dan juga yang terpenting pohon yang kita tanam ini adalah jenis buah buahan sehingga nanti tidak hanya sebagai pohon peneduh tapi buahnya juga bisa di nikmati oleh masyarakat.tuturnya

Selain memberikan dampak positif pada lingkungan, kegiatan ini juga bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan mencegah polusi udara.Polres Bangka Selatan berharap bahwa aksi kolaboratif ini dapat menginspirasi masyarakat sekitar untuk ikut terlibat dalam menjaga dan memelihara lingkungan serta menjadi bagian dari tanggung jawab bersama.

Dengan menggabungkan pohon secara bersamaan,Polres Bangka Selatan memberikan contoh nyata tentang pentingnya konservasi alam dan lingkungan. Semangat untuk merawat bumi demi masa depan yang lebih baik dalam aksi nyata ini, diharapkan akan mengajak lebih banyak orang untuk peduli dan ikut serta dalam usaha pelestarian alam dapat terus dilakukan demi keberlanjutan ekosistem yang lebih seimbang dan lestari. (Dani)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama