DKUKMINDAG Bangka Selatan Adakan FGD Kegiatan Penyusunan Informasi Pasar dan Potensi Kemitraan

86Berita.Online//Bangka Selatan,-Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan (DKUKMINDAG) Kabupaten Bangka Selatan adakan Focus Group Discussion (FGD) atas kegiatan penyusunan informasi pasar dan potensi kemitraan di Ruang Rapat Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka Selatan, Rabu (02/08/2023)Siang.

Kegiatan tersebut di ikuti sebanyak 43 pelaku Industri Kecil Menengah di Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan mengikuti Focus Grop Discussion (FGD) tentang menggali potensi pasar dan peluang kemitraan bagi pelaku IKM.

Kepala DKUKMINDAG Basel, Muhammad Ikbal menjelaskan, kegiatan ini sesuai yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian, bahwa pemberdayaan Industri Kecil dan Menengah dilakukan antara lain melalui peningkatan kemampuan sentra Industri Kecil dan Industri Menengah atau IKM.

Ikbal, begitu sapaan akrabnya tersebut menambahkan, analisis strategi pemasaran tersebut diantaranya kajian segmentasi, riset pasar, branding, strategi produk baru dan penetapan harga produk.

“FGD ini mendiskusikan terkait apakah diperlukan pusat pemasaran produk IKM terintegrasi di Bangka Selatan seperti pusat sentra marketing yang didalamnya juga terdapat pusat edukasi pelatihan dan pengembangan IKM,”ujar Ikbal.

Selain itu, lanjut Ikbal, dalam diskusi tersebut juga dibahas tentang branding produk unggulan, yakni terasi (Belacan) asli Toboali yang bisa dikembangkan dengan sinergi antara pelaku IKM, pemerintah dan pihak swasta.

“Untuk strategi promosi produk diperlukan sinergi yang kuat antar semua pihak. Karena itu, kita berharap fokus IKM pada tataran produksi, sedangkan aspek pemasaran dan promosi ini diperlukan regulasi agar dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan usaha IKM,”Pungkasnya 

(Dani)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama