BPBD Kabupaten Pemalang Bentuk Desa Tangguh Bencana Desa CIKADU


media online 86berita.co.id
Provinsi jawatengah


BPBD Kabupaten Pemalang Bentuk Desa Tangguh Bencana di Desa Cikadu

Pemalang

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, menyelenggarakan kegiatan pembentukan Desa Tangguh Bencana di Desa Cikadu, Kecamatan Watukumpul. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana.

Kegiatan yang diikuti 30 pemuda Desa Cikadu ini akan berlangsung selama tiga hari, yakni dari tanggal 29 hingga 31 Agustus 2023, di balai desa setempat.

Ida Komaria Setianingsih selaku Kabid Pencegahan dan Kesiap Siagaan BPBD Kabupaten Pemalang, Camat Watukumpul Dedi Sarwo Aji, serta kepala desa setempat, H. Rukun serta Fasilitator BPBD Provinsi Jawa Tengah turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya H. Rukun menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melatih 30 generasi muda menjadi kader desa yang tangguh untuk menghadapi bencana alam.

"Meskipun bencana bukanlah yang diharapkan, namun antisipasi dan kesiapsiagaan menjadi kunci dalam menangani situasi darurat," katanya.

Sementara itu, Camat Watukumpul, Dedi Sarwo Aji memaparkan data bencana yang terjadi di wilayah tersebut selama beberapa tahun terakhir. Kerusakan akibat bencana di Desa Cikadu cukup signifikan dan pelatihan ini dinilai tepat untuk mengurangi dampak bencana di masa mendatang.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pemalang Wahadi yang dibacakan oleh Ida Komaria Setianingsih menjelaskan, Kabupaten Pemalang memiliki risiko bencana yang cukup tinggi, termasuk tanah longsor.

Upaya BPBD dalam mengurangi risiko dan meningkatkan ketahanan daerah dapat ditunjukkan melalui berbagai strategi, seperti sosialisasi, pemasangan sistem peringatan dini, dan simulasi bencana.

Desa Tangguh Bencana bukan sekedar seremonial namun juga merupakan komitmen bersama masyarakat dan pemerintah desa untuk lebih mandiri dalam menghadapi bencana.

Peserta diharapkan menyimak materi dengan serius dan bangga menjadi bagian dalam upaya penanggulangan bencana.

"Fasilitator juga dititipkan pesan agar melatih peserta sesuai dengan materi yang disajikan," pesannya.

Kegiatan ini mencerminkan langkah-langkah konkret yang bertujuan membangun ketangguhan masyarakat terhadap bencana dan mengurangi dampak negatifnya.

"Dengan pelatihan ini, diharapkan Desa Cikadu dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam membangun kesiapsiagaan dan tanggapan yang cepat dalam menghadapi situasi darurat" pungkasnya. 

OLeh:
(Nur Bulus)


Dipublikasikan oleh media online

NOORJAYADI
wartawan media online kabupaten pemalang

https://www.media 86berita online.co.id

MEDIA OLINE 86BERITA PROP.JATENG bekerja sama dengan MEDIA SILAMPARI BERITA / (86berita.com) MUJIHARTONO jurnalistik kaperwil jateng REDAKSIONAL DITERBITKAN BERDASARKAN : Undang-Undang Pers No. 40/1999 Pasal 40 Ayat 1 (Kemerdekaan Pers Dijamin Sebagai Hak Asasi Manusia)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama