Antisipasi Bencana Kebakaran Disaat Musim Kemarau, Pemkab. Bangka Selatan Berikan Himbauan Ini.

86Berita.Online//Bangka Selatan,--  Musim kemarau yang tengah melanda Bangka Selatan meningkatkan potensi terjadinya kebakaran dan kekeringan. Dalam upaya pencegahan,Dinas SatpolPP Kabupaten Bangka Selatan, bersama instansi terkait, memperkuat koordinasi dan komunikasi lintas sektor.

Kabid. Damkar dan Penanggulangan Bencana, Ardiansyah menyampaikan himbauan kepada masyarakat pada selasa 29 Agustus 2023.

Ia mengingatkan agar semua pihak proaktif dalam pencegahan kebakaran dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. **Tidak membuang puntung rokok sembarangan.**

2. **Menghindari membakar di area hutan/lahan.**

3. **Pada bangunan, hindari penggunaan steker yang menumpuk, cabut colokan listrik setelah digunakan, pastikan tabung gas tidak bocor, dan menjauhkan barang-barang mudah terbakar dari jangkauan anak-anak.**

Pihaknya juga menghimbau fasilitas umum seperti gedung pemerintah, kantor, pasar, sarana ibadah, sekolah, dan tempat-tempat umum lainnya untuk menyiagakan alat pemadam api ringan (APAR) sebagai langkah awal penanganan kebakaran.

Tak hanya itu, dalam mengantisipasi bencana kekeringan, Ardiansyah juga mengingatkan pentingnya menjaga sumber air bersih, termasuk sungai/kolong agar tidak tercemar.

Saat ini, tim satgas telah siaga untuk menangani berbagai bencana, khususnya kebakaran dan kekeringan. Instansi terkait seperti Polres, Kejari, Kodim, Binda, PLN, serta berbagai dinas yang menangani sosial, kesehatan, perhubungan, komunikasi, pemdes, dan kecamatan, turut serta dalam upaya pencegahan dan penanganan kebencanaan yang lebih komprehensif.

Masyarakat yang mengetahui terjadinya kebakaran dapat segera melaporkannya ke nomor telp/WA Admin Pengaduan Damkar Bangka Selatan (0812 7832 3979) dan (0812 7102 9510).

Himbauan ini disampaikan setelah acara Rapat Koordinasi Tanggal Bencana yang berlangsung di Ruang Rapat Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka Selatan. Dengan langkah-langkah pencegahan ini, diharapkan masyarakat dapat turut serta dalam menjaga keamanan dan keselamatan wilayah mereka dari ancaman kebakaran dan kekeringan.(Red/Dani)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama