PERINGATI HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA DAN HARI MANGROVE SEDUNIA 2023, PEMKAB BASEL BERSAMA PT TIMAH TBK TANAM MANGROVE

 


86Berita.Online//Tukak Sadai//Bangka Selatan, - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan bersama PT Timah Tbk melakukan penanaman mangrove dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Hari Mangrove Sedunia Tahun 2023, di Desa Tukak, Kecamatan Tukak Sadai, Senin (26/6/2023).

Penanaman pohon mangrove yang digagas oleh PT Timah Tbk ini dimaksudkan untuk menjadi tempat berlindung habitat satwa liar, perbaikan iklim mikro guna mengurangi polusi udara. Selain itu dengan adanya penanaman pohon mangrove akan berperan penting dalam ekologi laut dan lingkungan pantai, mencegah pengikisan garis pantai. Pada garis pantai dan daratan, mangrove bermanfaat sebagai pelindung terhadap gelombang dan angin, penahan intrusi air laut dan penahan lumpur serta perangkap sedimen.

Bupati Bangka Selatan H. Riza Herdavid, S.T., M.Tr.IP. melalui Sekretaris Daerah Eddy Supriadi, M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa Program rehabilitasi untuk hutan mangrove sangat diperlukan untuk mengembalikan kelestarian lingkungan pesisir dan mengembalikan habitat flora dan fauna hutan mangrove yang hidup pada ekosistem hutan mangrove. Sehingga dengan dilaksanakannya program rehabilitasi mangrove, lanjut dia, akan terciptanya suatu lingkungan ekosistem hutan mangrove yang baik dan berdaya fungsi untuk kehidupan di lingkungan dan masyarakat pesisir pada umumnya. 

Dampak-dampak lain yang dapat kita rasakan dengan adanya hutan mangrove, kawasan tersebut menjadi hijau, teduh dan asri. Untuk itu marilah kita jaga kelestarian lingkungan di lingkungan kita masing-masing agar apa yang kita lakukan menjadi bermafaat untuk pribadi kita dan masyarakat di sekitar lingkungan kita yang pada gilirannya tanpa kita sadari secara akumulatif bermanfaat untuk iklim makro di Kabupaten Bangka Selatan yang kita cintai ini," paparnya.

Tak lupa, dirinya juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak terkait yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan penanaman pohon mangrove tersebut. "Atas nama Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, saya sampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung kegiatan ini terutama kepada PT Timah Tbk, Pemerintah Desa Tukak dan seluruh masyarakat Desa Tukak. Semoga peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Hari Mangrove Sedunia Tahun 2023 ini menjadi titik awal dalam selalu menjaga kelestarian lingkungan di sekitar kita," pungkasnya.

(Red/Dani)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama